Program Kreatif Pengolahan Sampah Menjadi Produk Gaya Hidup (UPCYCLING)
11.01.19 / Rumah Sanur Creative Hub X Pegadaian

11
Januari 2019

Alamat

Rumah Sanur Creative Hub Jl. Danau Poso No.38, Sanur, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali, Indonesia

DESKRIPSI ACARA

OLIKASI (Olah Limbah Reka Kreasi), Kolaborasi antara Rumah Sanur Creative Hub dan Pegadaian

 

Mengubah sampah jadi emas bukanlah jargon dan isapan jempol semata. Dalam konteks program yang digagas oleh Pegadaian berkolaborasi dengan Rumah Sanur Creative Hub ini, kiasan tersebut merupakan pewujudan simbol berupa nilai-nilai yang timbul sebagai hasil dari aktivitas pengolahan dan pengembangan sampah atau limbah. Kiasan tersebut kemudian berkembang menjadi sesuatu yang nyata bagi Pegadaian, hasil dari pengolahan sampah ditabung sebagai emas. Bapak Sucahya Prabawa Laksana, Vice President Pegadaian Area Denpasar Kanwil VII Denpasar menegaskan, “Benar, sebagai BUMN yang memiliki kinerja dalam kategori baik, Pegadaian selalu tertantang melakukan inovasi dalam produk dan programnya. Tabungan Emas Pegadaian adalah salah satu produk Pegadaian yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki emas dengan cara menabung, karena nilai emas lebih stabil dan memiliki kecenderungan meningkat nilainya.” Program OLIKASI (Olah Limbah Reka Kreasi) yang bekerja sama dengan Rumah Sanur Creative Hub menurutnya merupakan upaya Pegadaian untuk berkontribusi dalam masalah sosial, khususnya pengolahan limbah menjadi nilai baru melalui sentuhan kreativitas. Ia juga menambahkan, bahwa para peserta akan menerima insentif yang dapat dipergunakan untuk menabung atau menambah modal usaha melalui Tabungan Emas Pegadaian. Kegiatan ini bukan yang pertama kali diselenggarakan oleh Pegadaian untuk mendukung kegiatan kreatif anak negeri. Sebelumnya, Pegadaian mendukung program ArtJog dan ArtBali, dan memopulerkan TheGade sebagai kedai kopi emas.

 

Selain penciptaan nilai sosial dan bisnis, titik berat program OLIKASI adalah mengintegrasikan program yang dimiliki oleh Pegadaian dalam produk-produk utamanya, seperti menunjang bisnis para peserta lewat produk Tabungan Emas dan kemudahan memperoleh fasilitas dalam pengembangan bisnis. OLIKASI merupakan penciptaan ekosistem dari hulu ke hilir yang terintegrasi dengan produk Pegadaian.

 

Sasaran yang ingin dicapai melalui program OLIKASI adalah memperoleh produk dengan kualitas pengerjaan dan desain yang baik, yang memiliki nilai bisnis/ekonomi dan nilai sosial. Para peserta ditantang untuk mengolah dan mengembangkan limbah menjadi produk yang memiliki fungsi dan mengandung nilai-nilai dalam wujud produk gaya hidup, fashion dan aksesori, dekorasi rumah, atau kriya. Peserta OLIKASI terdiri atas desainer dan seniman profesional untuk mempermudah proses membangun citra (image) program melalui reputasi yang mereka miliki.

 

Kegiatan yang terangkum dalam OLIKASI mencakup:

1. Riset dan pengembangan (research and development);

2. Seri lokakarya (workshop) yang diselenggarakan sebanyak dua kali pada bulan Januari;

3. Produksi pada bulan Februari;

4. Pameran pada bulan Maret; dan

5. Penjualan produk pada bulan Maret (ongoing).

 

Program dimulai dengan lokakarya pertama pada tanggal 11 Januari 2019 dengan materi membuat kriteria produk dan proses produksi dalam program upcycling dan memperkenalkan tahapan dan struktur program kepada para peserta—terdiri atas lima orang/grup—yang berasal dari berbagai bidang. Pada seri pertama ini, para peserta akan memperoleh pemikiran ekosistem makro dan mikro, dasar-dasar upcycling, karakter material, nilai-nilai produk dan proses riset dan pengembangan yang sudah dilakukan, dan tren sebagai referensi.

 

Para peserta akan didorong untuk mengenal dan mempersiapkan rencana bisnis dan pengembangan produk yang setidaknya memuat tiga nilai penting, yaitu (1) nilai sosial, yang mencakup penggunaan limbah, proses produksi, dan proses distribusi/penjualan dengan pola perdagangan yang adil (fair trade); (2) nilai bisnis, yang mencakup kualitas desain dan produksi, pemenuhan aspek tren, dan lain-lain; dan (3) nilai produk, yang melekatkan aspek fungsional, simbolis atau atributif, dan pengalaman (experiential).

 

Narasumber lokakarya pertama adalah:

1. Paola Cannucciari (EcoBali) - circular economy-zero waste production basis;

2. Ayip Budiman (Rumah Sanur) - studi kasus pengembangan upcycling;

3. Harry Anugrah Mawardi (Amygdala) - sifat dan karakter material; dan

4. Isti Dhaniswari (pakar tren) - tren desain dan relasinya dengan upcycling.

 

Lokakarya kedua akan berlangsung pada tanggal 27 Januari 2019 dengan materi lanjutan yang mengintegrasikan hasil dan proses dari riset dan pengembangan materi limbah berupa kertas dan karton bekas, paper tube, kain sisa, kayu sisa, botol kaca, plastik, dan lain-lain. Para peserta akan diajak untuk mengenal sifat, karakter, dan kemampuan masing-masing limbah; menelaah, bereksperimen, dan mengeksploitasi berbagai kemungkinan dengan limbah tersebut; dan mengenali karakter pasar dan tren produk gaya hidup. Lokakarya kedua ini akan diisi oleh narasumber yang terdiri atas Adhi Nugraha (praktisi desain produk dan pengajar) dan Edward Hutabarat (praktisi desain fashion dan pengamat budaya).

 

Proses lanjutan dari program ini adalah tahap mendesain dan produksi yang kemudian diakhiri dengan pameran produk hasil olahan para peserta pada bulan Maret 2019. Program ini menekankan pada keberhasilan bisnis dari hasil mengolah limbah (upcycling), sehingga para peserta dan karyanya betul-betul akan difasilitasi hingga praktik bisnis dan pemasarannya.

 

Permodelan berupa program OLIKASI ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak kalangan untuk turut mengolah limbah sehingga memiliki manfaat nilai-nilai baru. Pola ini juga diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan kesadaran untuk mengelola dan memanfaatkan sampah.

 

Rumah Sanur Creative Hub telah menetapkan untuk menjadi yang terdepan dalam program Upcycling. Telah memulai program ini di tahun 2011 dengan memamerkan 12 hasil karya upcycling para desainer Indonesia. Juga kerap membuat workshop Upcycling dan memasarkan produk-produk upcycling di to~ko Concept Store yang menjadi gerai retail produk-produk karya UMKM dan desainer di Rumah Sanur Creative Hub.

 

Informasi dan narahubung

Program OLIKASI

Rumah Sanur Creative Hub X Pegadaian

 

Riza Widhya
085960591212

[email protected]

SHARE
Peta Lokasi